Cara Sharing Printer di Windows

Cara Sharing Printer di Windows

Pendahuluan

Penggunaan komputer dalam dunia modern telah menjadi hal yang tak terhindarkan. Hampir setiap rumah atau kantor memiliki beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan. Dalam konteks ini, berbagi printer adalah salah satu fitur yang sangat berguna. Membagi printer di antara beberapa komputer memungkinkan kolaborasi yang lebih mudah dan meningkatkan efisiensi. Pada artikel ini, kita akan membahas cara melakukan sharing printer di Windows, sistem operasi yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Mengapa Sharing Printer Penting

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, mari kita pahami mengapa sharing printer begitu penting. Pertama-tama, berbagi printer memungkinkan Anda menghemat uang, karena Anda tidak perlu memiliki printer untuk setiap komputer. Selain itu, ini juga menghemat ruang fisik, yang dapat digunakan untuk tujuan lain. Namun, yang lebih penting lagi adalah bahwa berbagi printer memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik di antara pengguna komputer yang berbeda. Ini sangat berguna di kantor atau di rumah yang memiliki beberapa pengguna.

Langkah Pertama Cara Sharing Printer: Persiapkan Printer dan Komputer

Langkah pertama dalam melakukan sharing printer di Windows adalah memastikan bahwa semua perangkat yang terlibat siap digunakan. Ini melibatkan beberapa hal:

1. Pastikan Printer Terhubung:

Pastikan printer yang ingin Anda bagikan sudah terhubung ke komputer yang akan menjadi host printer. Ini berarti printer sudah terinstal dan berfungsi dengan baik pada komputer tersebut.

2. Pastikan Komputer Terhubung ke Jaringan:

Komputer yang akan menjadi host printer harus terhubung ke jaringan yang sama dengan komputer lain yang akan berbagi printer. Ini bisa melalui koneksi Wi-Fi atau kabel.

3. Pastikan Anda Memiliki Izin:

Pastikan Anda memiliki izin administratif di komputer yang akan menjadi host printer. Anda akan memerlukan izin ini untuk mengonfigurasi sharing printer.

Langkah Kedua: Aktifkan Sharing Printer

Setelah persiapan awal telah selesai, saatnya untuk mengaktifkan sharing printer di komputer host. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka “Control Panel”:

Buka Control Panel di komputer host. Anda dapat melakukannya dengan cara menekan tombol Windows, kemudian mengetik “Control Panel” dan memilih aplikasi yang muncul.

Control Panel

2. Pilih “Devices and Printers”:

Dalam Control Panel, cari opsi “Devices and Printers” dan klik pada opsi tersebut.

Device & Printer

3. Pilih Printer yang Akan Dibagikan:

Di bawah opsi “Devices and Printers,” Anda akan melihat daftar semua printer yang terhubung ke komputer. Klik kanan pada printer yang ingin Anda bagikan, kemudian pilih “Printer properties.”

Printer properties

4. Buka Tab “Sharing”:

Setelah Anda membuka “Printer properties,” buka tab “Sharing.” Di sini Anda akan melihat opsi “Share this printer.” Centang kotak ini untuk mengaktifkan sharing printer.

5. Atur Nama Printer (Opsional):

Anda juga dapat mengatur nama yang akan digunakan untuk printer ini saat diakses oleh komputer lain. Ini mempermudah pengguna lain dalam menemukan printer yang dibagikan.

6. Klik “OK”:

Setelah Anda mengatur opsi sharing printer, klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Langkah Ketiga: Menambahkan Printer yang Dibagikan pada Komputer Lain

Sekarang bahwa printer telah dibagikan di komputer host, Anda dapat menambahkannya ke komputer lain dalam jaringan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka “Control Panel”:

Pada komputer yang ingin Anda tambahkan printer yang dibagikan, buka Control Panel seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Pilih “Devices and Printers”:

Di Control Panel, cari opsi “Devices and Printers” dan klik pada opsi tersebut.

3. Tambahkan Printer Baru:

Di “Devices and Printers,” Anda akan melihat opsi “Add a printer.” Klik pada opsi ini untuk memulai proses penambahan printer.

4. Pilih “Network Printer”:

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis printer yang ingin Anda tambahkan. Pilih “Add a network, wireless, or Bluetooth printer.”

5. Cari Printer yang Dibagikan:

Komputer akan mulai mencari printer yang tersedia dalam jaringan. Setelah printer yang dibagikan muncul dalam daftar, pilihnya dan klik “Next.”

6. Selesaikan Proses Penambahan:

Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses penambahan printer. Setelah selesai, Anda akan dapat menggunakan printer tersebut dari komputer Anda.

Tetapi, Pertimbangan Keamanan Penting

Saat berbagi printer di jaringan, penting untuk mempertimbangkan aspek keamanan. Meskipun sharing printer dapat sangat membantu dalam meningkatkan kolaborasi, ini juga membuka pintu bagi potensi risiko keamanan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti praktik keamanan yang baik:

– Gunakan Password:

Ketika Anda mengatur sharing printer, Anda dapat mengatur password untuk melindungi akses ke printer tersebut. Pastikan untuk menggunakan password yang kuat.

– Batas Akses:

Anda dapat mengatur batasan akses ke printer, memutuskan siapa yang dapat menggunakannya dan siapa yang tidak.

– Firewall:

Pastikan komputer Anda memiliki firewall yang diaktifkan untuk melindungi dari potensi ancaman dari jaringan.

– Update Perangkat Lunak:

Selalu pastikan perangkat lunak komputer Anda, termasuk perangkat printer, tetap diperbarui dengan patch keamanan terbaru.

Jadi, Apa Yang Telah Kita Pelajari?

Melakukan sharing printer di Windows adalah cara yang efisien dan bermanfaat untuk meningkatkan kolaborasi dan efisiensi dalam penggunaan printer. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membagikan printer di antara komputer dalam jaringan. Tetapi, jangan lupakan pentingnya keamanan saat berbagi sumber daya di jaringan. Dengan menggunakan password yang kuat, mengatur batasan akses, dan menjaga perangkat lunak Anda tetap diperbarui, Anda dapat melindungi printer dan jaringan Anda dari potensi ancaman. Menggunakan komputer dan mencetak dokumen menjadi lebih mudah saat Anda dapat berbagi printer di antara berbagai perangkat. Dengan demikian, berbagi printer di Windows adalah langkah yang sangat berharga untuk meningkatkan produktivitas di rumah atau di tempat kerja.

Baca Juga Artikel :

Cara Manual Print Test Page Epson L120 Tanpa PC