Mengatasi “WINDOWS COULD NOT FORMAT PARTITION ON DISK 0”

WINDOWS COULD NOT FORMAT PARTITION ON DISK 0

Pendahuluan

Windows merupakan sistem operasi yang paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Namun, seperti semua sistem operasi, Windows juga dapat menghadapi berbagai masalah teknis yang dapat membuat pengguna frustasi. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna Windows adalah kesalahan “Windows could not format partition on Disk 0.” Kesalahan ini muncul ketika pengguna mencoba untuk mengatur ulang atau memformat partisi pada disk pertama (Disk 0) komputer mereka. Meskipun kesalahan ini dapat menjadi sangat menjengkelkan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini. Artikel ini akan membahas penyebab kesalahan ini dan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengatasinya.

Penyebab Kesalahan “Windows could not format partition on Disk 0”

Sebelum kita membahas cara mengatasi masalah ini, penting untuk memahami beberapa penyebab umum dari kesalahan ini. Penyebab utama kesalahan ini dapat mencakup:

1. Partisi Terlindungi atau Tidak Dapat Diformat:

Salah satu penyebab umum kesalahan ini adalah ketika partisi yang ingin Anda format terlindungi atau tidak dapat diformat. Ini mungkin karena partisi tersebut digunakan oleh sistem operasi atau memiliki masalah struktural.

2. Disk Rusak atau Bermasalah:

Jika Disk 0 (atau hard disk utama) Anda mengalami kerusakan fisik atau masalah teknis, Anda mungkin tidak dapat memformatnya. Ini bisa terjadi karena sektor-sektor pada disk tersebut rusak atau ada masalah dengan komponen fisik lainnya.

3. Kendala Perangkat Keras:

Beberapa masalah perangkat keras, seperti kabel SATA yang lepas atau masalah dengan port SATA pada motherboard, dapat menyebabkan kesalahan ini.

4. Perangkat Lunak atau Driver Ketinggalan Zaman:

Driver perangkat keras yang ketinggalan zaman atau perangkat lunak sistem yang rusak dapat menyebabkan masalah format partisi.

5. Akses Tidak Sah atau Perizinan yang Salah:

Terkadang, masalah akses atau perizinan yang salah pada partisi atau disk dapat menghentikan proses format.

Cara Mengatasi

Setelah kita memahami penyebab umum kesalahan ini, sekarang mari kita lihat langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Langkah 1: Pastikan Backup Data

Sebelum Anda mencoba mengatasi masalah ini, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda telah mencadangkan semua data yang ada pada Disk 0. Ini karena langkah-langkah yang akan Anda ambil berpotensi menghapus semua data dari disk tersebut. Anda dapat menggunakan perangkat lunak backup atau menyimpan data penting Anda di tempat yang aman, seperti drive eksternal.

Langkah 2: Cara Perbaiki Melalui CMD

1. Jalankan “CMD”:

– Buka Command Prompt dengan hak akses administrator. Caranya adalah dengan mencari “cmd” di menu Start, klik kanan pada “Command Prompt,” dan pilih “Run as administrator.”

2. Nonaktifkan Proteksi Partisi:

– Jika partisi tersebut dilindungi oleh sistem, Anda mungkin perlu menonaktifkan proteksi tersebut. Buka Command Prompt sebagai administrator dan ketik perintah “diskpart”.

– Setelah masuk ke DiskPart, ketik perintah “list disk” untuk melihat daftar partisi:

– Catat nomor disk yang sesuai dengan Disk 0.
– Kemudian ketik perintah “select disk X”, menggantikan “X” dengan nomor disk yang sesuai:

– Selanjutnya, ketik perintah “clean” untuk membersihkan hard disk tersebut:

– Kemudian ketik perintah “create partition primary” dan enter.

– Setelah selesai seperti gambar di atas, masukan lagi perintah “sel partition 1” dan enter.

– Selanjutnya ketikkan perintah “active” kemudian enter.

– Sekarang Anda dapat mencoba format partisi tersebut dengan ketikkan perintah “format fs=ntfs quick

– Jika sudah selesai sampai 100% seperti gambar diatas,tinggal masukkan perintah “exit” untuk keluar dari “diskpart” dan CMD.

Langkah 3: Periksa Kondisi Fisik Disk

Jika Anda masih mengalami masalah setelah mencoba langkah-langkah di atas, langkah berikutnya adalah memeriksa kondisi fisik dari Disk 0.

1. Periksa Kabel SATA:

Pastikan kabel SATA yang menghubungkan disk ke motherboard tidak rusak atau lepas. Coba ganti kabel jika Anda curiga ada masalah.

2. Cek Kondisi Disk:

Gunakan perangkat lunak pihak ketiga, seperti CrystalDiskInfo, untuk memeriksa status kesehatan disk Anda. Jika perangkat ini memberikan peringatan tentang masalah fisik pada disk, pertimbangkan untuk mengganti disk tersebut.

Langkah 4: Perbarui Driver dan Perangkat Lunak

Pastikan driver perangkat keras Anda dan perangkat lunak sistem operasi Windows Anda diperbarui ke versi terbaru. Pergi ke situs web produsen perangkat keras Anda untuk mengunduh driver terbaru dan pastikan Windows Anda memiliki semua pembaruan yang diperlukan.

Langkah 5: Coba Menggunakan Utilitas Pihak Ketiga

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan utilitas pihak ketiga seperti “AOMEI Partition Assistant” atau “MiniTool Partition Wizard” untuk mengatasi masalah ini. Utilitas ini seringkali memiliki alat-alat yang lebih kuat untuk mengelola partisi dan dapat membantu Anda memperbaiki partisi yang rusak atau mengatasi masalah lainnya.

COULD NOT FORMAT PARTITIONKesalahan “Windows could not format partition on Disk 0” dapat menjadi masalah yang membingungkan dan membuat frustrasi. Namun, dengan memahami penyebabnya dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang besar untuk mengatasi masalah ini. Penting untuk ingat bahwa tindakan apa pun yang melibatkan format partisi dapat menghapus semua data yang ada di dalamnya, jadi pastikan untuk mencadangkan data Anda sebelum mencoba mengatasi masalah ini. Jika Anda masih mengalami kesulitan, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang ahli teknis atau dukungan pelanggan produsen perangkat keras Anda. Dengan kesabaran dan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan mengembalikan fungsi normal komputer Anda.

Baca Juga Artikel :

Mengubah Partisi MBR Menjadi GPT Via Command Prompt